Pengawasan Pendidikan


Kepengawasan merupakan kegiatan atau tindakan pengawasan dari seseorang yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang melakukan pembinaan dan penilaian terhadap orang dan atau lembaga yang dibinanya. Seseorang yang diberi tugas tersebut disebut pengawas atau supervisor. Dalam bidang kependidikan dinamakan pengawas sekolah atau pengawas satuan pendidikan. Pengawasan perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan pada sekolah yang diawasinya. Oleh karena itu mudah dipahami bahwa pengawasan pendidikan adalah fungsi manajemen pendidikan yang harus diaktualisasikan, seperti halnya fungsi manajemen lainnya (Mantja 2001). Berdasarkan konsep tersebut, maka proses perencanaan yang mendahului kegiatan pengawasan harus dikerjakan terlebih dahulu. Perencanaan yang dimaksudkan mencakup perencanaan: pengorganisasian, wadah, struktur, fungsi dan mekanisme, sehingga perencanaan dan pengawasan memiliki standard dan tujuan yang jelas. Sahertian (2000:19) menegaskan bahwa pengawasan atau supervisi pendidikan tidak lain dari usaha memberikan layanan kepada stakeholder pendidikan, terutama kepada guru-guru, baik secara individu maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran.
***
Model Pengawasan Pendidikan
*     Pengawasan melekat
*     Pengawasan fungsional
*     Pengawasan Internal
*     Pengawasan eksternal

Tanggapan Materi

Pengawasan Pendidikan merupakan upaya peningkatan prestasi belajar dan mutu sekolah.
Diharapkan sekolah dan guru menjadi peran utama dalam pengawasan pendidikan tersebut Dan juga pengawasan yang dimaksud menunjuk kepada guru yang ditujukan pada perbaikan-perbaikan dan pembinaan aspek pembelajaran. Dengan menyadari pentingnya upaya peningkatan mutu dan efektifitas sekolah dapat dilakukan melalui pengawasan. Atas dasar itu maka kegiatan pengawasan harus difokuskan pada perilaku dan perkembangan siswa sebagai bagian penting dari: kurikulum/mata pelajaran, organisasi sekolah, kualitas belajar mengajar, penilaian/evaluasi, manajemen, bimbingan dan konseling, peran dan tanggung jawab orang tua dan masyarakat
 

1  Uraian ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah pengelolaan pendidikan yang diampu oleh Dr. Nur Aedi, M.Pd
2  Penulis adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2010 NIM 1000953

0 komentar:

Posting Komentar